Author Topic: Apa Jadinya kalau Adam tak makan buah?  (Read 941 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline odading

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3314
  • Reputation: 3325
  • Denominasi: non-agama
udah lama nggak maen ke FIK nih ...  :blush:


Mari kita berandai-andai.
hobi saya, so... mariii.... :D


Quote
Apa jadinya jika Adam tak makan buah.

Apakah Adam akan :

1. Memiliki keturunan, secara adam tidak tau apa itu cinta (esek-esek)
jawaban sbb pada asumsi AdamHawa selamanya nggak makan buah :

1. Ya... mereka akan memiliki keturunan.
Hawa beranak tetep kesakitan, namun sakitnya tidaklah "sangat banyak"


Quote
2. Tetap mati jasmani ?
Ya, dalam usia ribuan tahun.

3. AdamHawa ungu, tidak sertamerta artinya seluruh keturunannya juga ungu.
Ada suatu ketika dimana ada keturunannya yg makan buah, akibatnya :

4. keturunan yg makan buah itu keluar dari Eden, yang laen (sisanya) tetep di Eden.

5. namun tidak pula sertamerta artinya para sisa tsb ungu.
Ada suatu ketika dimana ada keturunannya para sisa tsb makan buah, akibatnya balik lagi ke no.4

6. dst dst no.4 dan no.5 looping

7. sampe disuatu ketika nggak ada sisa lagi di Eden :D.



versi laen :
pada asumsi AdamHawa dan seluruh keturunan mereka ungu DAN tidak bisa mati jasmani ...
bumi penuh sesak, sampe2 Tuhan mesti bikin bumi yg laen lagi ---atopun--- bikin melar itu bumi yg ada :D.

:)
salam.
« Last Edit: June 28, 2015, 12:13:03 AM by odading »

Offline Gavin Tuturuga

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1276
  • Reputation: 1639
  • Denominasi: -
udah lama nggak maen ke FIK nih ...  :blush:

 hobi saya, so... mariii.... :D

 jawaban sbb pada asumsi AdamHawa selamanya nggak makan buah :

1. Ya... mereka akan memiliki keturunan.
Hawa beranak tetep kesakitan, namun sakitnya tidaklah "sangat banyak"

OK.  Sekarang saya tanya dulu, (pertanyaan selanjutnya, sepertinya) :

Bagaimana caranya adamhawa bisa punya anak.

Kan logikanya gini :

1. Kalo tidak makan buah pengetahuan, berarti
2. Tidak ada pengetahuan baik dan buruk, berarti,
3. Tidak memiliki DESIRE untuk MEMILIKI (hati si hawa/tubuh si hawa), yg berarti,
4. Adam hanya tau bagahia di hati yang bener2 pure tanpa harus punya istri atau melakukan kegiatan sex.
5. Kalau udah gitu, ... berarti,... adam (seharusnya) tidak memiliki keturunan.

Tul gak ?
Back to TOPIC!

Offline Gavin Tuturuga

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1276
  • Reputation: 1639
  • Denominasi: -

 Ya, dalam usia ribuan tahun.

3. AdamHawa ungu, tidak sertamerta artinya seluruh keturunannya juga ungu.
Ada suatu ketika dimana ada keturunannya yg makan buah, akibatnya :

4. keturunan yg makan buah itu keluar dari Eden, yang laen (sisanya) tetep di Eden.

5. namun tidak pula sertamerta artinya para sisa tsb ungu.
Ada suatu ketika dimana ada keturunannya para sisa tsb makan buah, akibatnya balik lagi ke no.4

6. dst dst no.4 dan no.5 looping

7. sampe disuatu ketika nggak ada sisa lagi di Eden :D.



versi laen :
pada asumsi AdamHawa dan seluruh keturunan mereka ungu DAN tidak bisa mati jasmani ...
bumi penuh sesak, sampe2 Tuhan mesti bikin bumi yg laen lagi ---atopun--- bikin melar itu bumi yg ada :D.

:)
salam.

Nah ini juga muncul pertanyaan baru.

Kalau adam mati jasmani, berarti surga bukan lah tempan abadi.
Buah pengetahuan juga engga ber-efek. Soalnya baik makan atau ngga makan, tetep aja mati jasmani.

tul ga ?
Back to TOPIC!

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation: 5406
  • Denominasi: Χριστός
Nah ini juga muncul pertanyaan baru.

Kalau adam mati jasmani, berarti surga bukan lah tempan abadi.
Buah pengetahuan juga engga ber-efek. Soalnya baik makan atau ngga makan, tetep aja mati jasmani.

tul ga ?

Eden berarti bukan surga, melainkan di bumi

 :D
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline odading

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3314
  • Reputation: 3325
  • Denominasi: non-agama
OK.  Sekarang saya tanya dulu, (pertanyaan selanjutnya, sepertinya) :

Bagaimana caranya adamhawa bisa punya anak.

Kan logikanya gini :

1. Kalo tidak makan buah pengetahuan, berarti
IMO, mengenai PBJ mungkin ini secara dalam artian melanggar nasehat. Dengan demikian mengetahui mana yg baik mana yg buruk itu baru terjadi ya setelah terjadi pelanggaran ("nggak nurut nasehat ortu").

Dengan demikian (imo) pengertiannya berbeda.

Quote
2. Tidak ada pengetahuan baik dan buruk, berarti,
Sebelum AdamHawa makan PBJ, menurut saya mereka sudah bisa tau yg mana baik - yg mana buruk seturut jalan pikiran mereka :

(20)tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

ayat diatas tidak eksplisit menyatakan pengetahuan baik/buruk ... namun (imo) setidaknya bisa disimpulkan bhw Adam itu sendiri ternyata sudah bisa menilai yg mana yg "baik" (cocok / sepadan) bagi dirinya.

(6) Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya

Hawa juga sudah bisa menilai sendiri mengenai buah tsb.
Saya berpendapat, tanpa ada uler-pun ... Hawa tetep didalam posibilitas menilai buah pohon itu baik utk dimakan diketika Hawa melihat buah tsb. Lagipula, uler nggak itu ngojok2 Hawa bilang bhw buah tsb uenak kalo dimakan :D.


Quote
3. Tidak memiliki DESIRE untuk MEMILIKI (hati si hawa/tubuh si hawa), yg berarti,
entah juga ini. Namun (imo) kalo diliat ayat 20 diatas saya rasa Adam logikanya akan merasa "sudah" memiliki, segera Hawa dikasih Tuhan utkNya. Dengan demikian ya tidak ada keinginan utk memiliki Hawa, karena sikon-nya Hawa itu ya milik Adam.

(23) Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku

Laen cerita kalo "hawa"nya ada banyak. Maka (imo) Adam didalam posibilitas ingin memiliki cewe laen :D.

Quote
4. Adam hanya tau bagahia di hati yang bener2 pure tanpa harus punya istri atau melakukan kegiatan sex.
IMO, belon tentu juga bold ... karena ya itu dah ... ayat 20 diatas.

Sedangkan sex-desire, saya berpendapat bhw itu non-existent yg dimana menjadi eksis setelah makan buah. Kecuali perintah "beranak-cucu" itu prosesnya lewat gaya laen selain gaya orang ML yg kita2 tau sekarang ini ... so, mungkin Adam meludah ke mulut Hawa mengkali yeee  :D. Toh kita juga gak dpt info apakah AdamHawa itu ber-"genital" ato kagak :P

Anway,
saya berpendapat sex-desire itu eksis dimana beranak cucu itu ya didapet lewat proses ML yg kita ketahui sekarang ini dimana AdamHawa ber"genital" dan "genital"-nya tidak redundant cuma buat pajangan  :giggle:


Quote
5. Kalau udah gitu, ... berarti,... adam (seharusnya) tidak memiliki keturunan.
Tul gak ?
Tergantung menempatkan perintah "beranak cucu" itu dimana. Kalo perintah itu di-interpretasikan bunyinya stlh makan buah ya saya rasa memang Adam Hawa tidak akan beranakpinak. Kalo perintah itu di-interpretasikan bunyinya sebelum makan buah ya saya rasa memang Adam Hawa secara natur akan beranak pinak sekalipun tidak ada event mereka makan buah.

Quote
Kalau adam mati jasmani, berarti surga bukan lah tempan abadi.


tul ga ?.
Nah itu... sepertinya ada orang yg berpendapat bhw Eden itu = sorga abadi ... ada juga yg berpendapat bhw Eden itu bukan sorga, melainkan sebuah tempat di bumi.
Saya berpendapat Eden itu di bumi.

Quote
Buah pengetahuan juga engga ber-efek. Soalnya baik makan atau ngga makan, tetep aja mati jasmani
bold, mungkin maksudnya gavin - buah pohon kehidupan (PK) kali yah ? Kalo iya maksud gavin adalah PK (imo) PK itu mungkin kayak darah, dimana AdamHawa itu vampire :D

Khayalan saya, pabila AdamHawa sama sekali nggak ada makan buah dan terus makanin PK ---> ya mereka didalam posibilitas hidup selama-lamanya. Namun mungkin juga setelah 1 juta taon idup, mereka bosen lalu akhirnya ga mao makan lagi itu PK ---> mati deh mereka akhirnya. Ato mungkin juga Allah bosen ngliat mereka terus selama 1 juta taon, so Allah "naekin" mereka langsung ke sorga ... di rapture gitu loch  :giggle:

Dilain sisi, (imo) setelah sekian tahun berjalan .. mungkin aja "nasehat"nya (peraturan)nya itu bukan cuma satu itu aja (jgn makan buah) melainkan ada lagi yang baru. Memang tidak bisa dipastikan apakah AdamHawa terus "bersih" dimana tidak ada satupun peraturan2 yg sudah lebih dari 1 nggak dilanggar/kelanggar... namun (imo) biar bagaimanapun artinya probabilitas mereka dalam melanggar jadi naek seiring waktu berjalan - seiring dgn bertambahnya peraturan.

berkhayal.com :D

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation: 653
  • Denominasi: Katolik
Ikut berpendapat ya sdr Gavin.


Saya berpendapat : mrk tdk memiliki keturunan.
alasan:
1.Mrk dalam keadaan mulia segambar dan serupa Allah, bila dalam keadaan mulia ini mrk beranak mk anaknya akan segambar dan serupa Allah juga , mk ini tdklah mungkin krn ciptaan tdk mungkin dapat mencipta/menurunkan keturunannya yg segambar dan serupa Allah.
Allah adalah Roh. Segambar dan serupa Allah dimaksud bukalah dalam fisik namun roh.
Fisik kita ini memang adalah berkat 'ibu-bapak' kita. Kecuali Adam, 'body' manusia diciptakan Allah 'melalui' manusia lainnya, i.e. ayah-ibu. But.... our soul???? sepenuhnya diciptakan Allah.

Quote
2.Kalau mrk dapat beranak mk: nama2 di kitab kehidupan selain mrk ( banyak nama di kitab itu , dan nama2 itulah yg direncanakanNya sejak sebelum dunia dijadikan untuk dicipta ) menjadi tdk berguna lagi/ Allah kehilangan otoritas atas manusia , krn manusia ciptaanNya bisa membuat kitab kehidupan versi mrk sendiri2.
Allah tidak pernah merencanakan apa pun. Sebab 'rencana' adalah absurd bagi Allah yang tak bermula dan berakhir dan tak mengenal durasi/sekat waktu..... .

Quote
3.Manusia mempunyai gairah sex/kemampuan bereproduksi setelah Kej3:16, jadi setelah mrk jatuh, walau perintah beranakcucu telah diberikan sebelum jatuh Kej1:28.
Kenapa gak sekalian aja Anda katakan bahwa manusia baru memiliki alat kelamin (P & V) setelah Kej 3:16???

Quote
Kej3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

Maksudnya adalah: sekiranya mereka gak jatuh dalam dosa maka:
- Perempuan melahirkan tanpa rasa sakit luar biasa
- ML dan dibuahi bukan karena sexual desire.
(St. Augustinus, City of God xiv. 26]

Quote
Tidak.

Ya.
Kej. 1:28 bukanlah perintah yang asal-asal dan berklausal.

====

Salam,